13 Sep 2013

EFEKTIVITAS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN



Efektivitas  Media Pembelajaran
A.     Pendahuluan
Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan bangsa suatu negara. Penyelenggaraan pendidikan di sekolah sangat di tentukan banyak aspek agar mutu pendidikan meningkat, termasuk didalamnya sarana dan prasarana, media atau alat pembelajaran serta sumber daya manusia yang memadai.
Latar belakang pengunaan media pembelajaran adalah terbatasnya sumber daya manusia dalam hal ini pendidik sangat menghambat proses peningkatan pendidikan. Juga timbul pertanyaan dibenak kita “ efektifkah media pembelajaran dalam proses belajar mengajar ?”. Penggunaan media pembelajaran merupakan hal yang sangat menunjang atas tercapainya suatu tujuan pendidikan. Disini juga dapat kita lihat betapa pentingnya media dalam proses pembelajaran. Sedangkan tujuan penggunaan media pengajaran yaitu untuk mempermudah dan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat mendorong semangat belajar dan juga akan lebih bervariasi / tidak monoton sehingga akan lebih jelas maknanya dan mudah untuk dipahami oleh para peserta didik.

B.     Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ (Gerlach & Ely 1971). Secara lebih khusus , pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal
Salah satu ciri media pembelajaran adalah bahwa media mengandung dan membawa pesan atau informasi kepada penerima yaitu siswa.


C.     Jenis Media
           Media berbasis visual (image atau perumpamaan) memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman (melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar lebih efektif, visual ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. media berbasis audio–visual, media ini menggabungkan penggunaan siaran (suara).
D.     Penggunaan Media
            Salah satu kriteria yang sebaiknya di gunakan dalam pemilihan media adalah dukungan terhadap isi bahan pelajaran dan kemudahan memperolehnya. Oleh karena itu pada bagian ini akan membahas penggunaan media. Pertama media berbasis manusia merupakan media tertua yang di gunakan untuk mengirimkan dan terkenal adalah gaya tutorial Socrates. cara ini dapat menggabungkannya dengan media visual lain. Media ini bermanfaat terhadap pembelajaran siswa. Misalnya, media manusia dapat mengarahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui pembelajaran terbimbing dengan menganalisis dari waktu ke waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar Media berbasis manusia mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat pada masalah dan bertanya .Kedua media berbasis cetakan, materi pembalajaran berbasis cet akan yang paling umum dikenal adalah buku test, buku penuntun, jurnal, majalah dan lembaran bebas. Teks berbasis cetakan menentukan enam elemen yang perlu di perhatikan pada saat merancang yaitu konsistensi format, organisasi, daya, tarik ukuran huruf, Ruang (spasi) kosong. Ketiga, Media Berbasis Visual Media berbasis visual memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar, bentuk visual bisa berupa gambar , representasi, diagram, petagrafik. Keempat, media berbasis audio – visual. Media visual yang menggabungkan penggunaan siaran (suara) memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya. Kelima, Pemenfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar, Akhir-akhir ini perpustakaan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sekolah. Hampir disetiap sekolah mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi terdapat perpustakaan sekolah, oleh karena itu perpustakaan dapat dimaksimalkan pemanfaatannya termasuk menjadi tempat sumber belajar yang cukup efektif.
E. Penutup
Apabila dilihat lebih dalam tentang media pengajaran itu yaitu terwujudnya tujuan itu, pada umumnya para guru sudah puas apabila para pelajar sudah dapat menguasai media pengajaran. Apabila hal ini berjalan terus maka akan menimbulkan suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Agar para pelajar mampu mengembangkan suatu media pengajaran yang diteimanya dari guru, ada berbagai faktor yang harus di rubah dan dikembang-kan dalam dunia pendidikan dan pengajaran, salah satu faktor yang dimaksud adalah perubahan dan pengembangan serta pemakaian metode media pengajaran dalam mendidik dan mengajar. Media pengajaran sebagai alat untuk meningkatkan pengajaran adalah sesuatu media pengajaran yang mana segala kegiatannya itu menuntut keaktifan pelajar lebih banyak (atau seimbang) dari keaktifan guru digolongkan ke dalam media pengajaran yang modern. Maka dari itu dengan pengajaran sangatlah berperan sekali terhadap kegiatan pengajaran dalam dunia pendidikan dikarenakan dengan adanya media pengajaran dalam dunia pendidikan berguna untuk meningkatkan pengajaran baik bagi guru pendidik maupun anak didiknya.

Daftar Rujukan
Iskandar,Dr. 2009. Psikologi Pendidikan.Gaung Persada Press. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Laporan Observasi Toko

LAPORAN OBSERVASI TOKO ALFAMART PETALING JAYA, SUNGAI GELAM, MUARO JAMBI ...