15 Sep 2013

Contoh Laporan PKL


LAPORAN PRAKTEK LAPANGAN
(PKL)




DI SUSUN OLEH :
NAMA      : SUPRIADI
NIM           : 0700820717123


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATANGHARI
JAMBI 2010


I.     PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
              Sehubungan dengan semakin meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menyebabkan banyak perubahan dalam masyarakat, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu wadah penting untuk menciptakan generasi bangsa yang siap mental dan punya skill yang memadai, dengan pendidikan ini diharapkan akan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Menjadi guru yang profesional bukanlah hal yang baru muncul dalam publik, akan tetapi mampukah kita merubah suatu yang ada, yang tersedia menjadi sesuatu yang berharga dan diminati semua orang. Untuk mencetak guru yang kompeten dan profesional dalam bidang mengajar memerlukan waktu yang lama. Guru profesional adalah guru yang menyadari betul arah kemana ia menjurus, mengapa ia harus menempuh jalan itu, dan bagaimana caranya ia menuju pada sasarannya. Seseorang yang siap siaga dalam gagasan bila ia diperlukan, mau bekerja keras untuk mencapai tujuan dan tidak kehilangan semangat kerja keras dalam menjalankan tugasnya. Seseorang yang realistis dan menyadari lingkungannya membuat kesalahan disamping itu pula guru yang profesional juga seorang yang jujur mengakui kegagalannya, tetapi juga mampu mengatasi rasa putus asa.
Seorang guru yang profesional juga penuh daya cipta tetapi tidak eksentrik. Ia berani mencoba sesuatu tetapi tidak fanatik, mampu menyelesaikan semua tugasnya sampai berhasil.
Inilah salah satu latar belakang dari diadakannya Praktek Kerja Lapangan (PPL) bagi mahasiswa yang dicetak menjadi guru yang profesional.

1.2    Tujuan
            Kegiatan PPL bertujuan memanfaatkan keprofesionalan calon guru yan memiliki kemampuan teoritis dan praktis dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Pada PPL ini mahasiswa mengadakan latihan-latihan bertahap dan sistematis menerapkan dan mengembang segala kemampuan yang memiliki sehingga menjadi guru yang siap dipakai dan berkualitas dilapangan baik mental maupun akademik




II.           PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
2.1    Pendidikan Non-Formal
2.1.1        Tempat Pelaksanaan Pendidikan Non-Formal
Jalan Widuri Kelurahan Paal Lima Kecamatan Kota Baru Kota Jambi Provinsi Jambi
2.1.2        Waktu dan Jadwal Pendidikan Non-Formal
Dari tanggal 14 Agustus 2010 sampai dengan tanggal 5 September 2010.
No
Hari/Tanggal
Jam
Kelompok
Program dan Kegiatan
Nara Sumber
Ket
1
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
I dan II
Penyerahan Mahasiswa Peserta PKL
Dosen pembimbing
Sekrt PKBM
2
Senin/
16 Agustus ‘10
15.00-16.00
I dan II
Pengenalan PKMB dan Rekrutan
A, Munir
Sekrt PKBM
3
Selasa/17 Agustus ‘10
14.00-20.00
I dan II
Sosialisasi dengan masyakat yayasan serta acara buka bersama
Panitia Acara
Masjid Nurrurrahman
4
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
I
Sistem Penyusunan KTSP
Dini Medianty. ST
Sekrt PKBM
5
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
II
Sistem Penyusunan KTSP
Murdi Astuti, S.Pd
Sekrt PKBM
6
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
Pembelajaran Paket B
Fitrinani, S.Pd
7
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
Pembelajaran Paket B
Ade Mahdelia, S.Pt
8
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
Mengenal peluang Usaha
A, Munir
9
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
Pembeajaran keterampilan
Onitanur
10
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
Pembeajaran keterampilan
Murdi astuti, S.Pd
11
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
Evaluasi
A, Munir
12
Sabtu/
14 Agustus ‘10
15.00-16.00
Acara Penutupan
Panitia Acara
2.1.3        Dekripsi Singkat Tempat Pelaksanaan Pendidikan Non-Formal
Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Nururrahman merupakan salah satu bidang kegiatan yang mengelola pendidikan Non Formal dan Informal di bawah naungan Yayasan Nururrahman yang berlokasi di Jalan Pangeran Hidayat/Widuri Kelurahan Paal Lima Kecamatan Kota Baru Kota Jambi.
Yayasan Nururrahman adalah swadaya murni masyarakat yang awalnya menyelenggarakan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang khusus belajar Agama Islam yang anak didiknya berasal dari Sekolah Dasar (SD) dan kegiatannya diadakan pada sore hari.
Dari tahun ke tahun yayasan Nururrahman terus mengembangkannya di samping meningkatkan pembangunan sarana dan prasarananya.
Madrasah Ibtidaiyah dan Taman Kanak-kanak (TK) islam merupakan pendidikan formal.
Pada tahun 2006 Yayasan Nururrahman kembali membuka terobosan baru dengan mendirikan Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Yayasan Nururrahman salah satu lembaga pendidikan yang berbadan hukum dengan Akte Notaris Nomor : tertanggal 29 Desember 2006.
Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nururrahman akan senantiasa berkonsentrasi pada pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat kurang mampu.
Penyusun profil PKBM Nururrahman ini diharapkan dapat memberikan informasi atas keberadaan lembaga ini pada mitra kerjadan masyarakat umum.
Visi dan Misi
Visi                       : Memotivasi masyarakat agar gemar belajar, mau bekerja mandiri.
Misi                      :
1.      Menumbuhkan dan membangkitkan minat belajar masyarakat.
2.      Melayani masyarakat yang kurang mampu untuk pendidikan.
3.      Memberikan pelatihan keterampilan pada masyarakat guna bekal usaha agar dapat meningkatkan hasil pendapatan keluarga.
4.      Membina masyarakat menjadi pengusaha rumah tangga mandiri.
Tugas Pokok : Menyelengarakan Pembelajaran dan memberikan pelatihan keterampilan usaha, yang terangkum dalam kegiatan:
1.      Mendata masyarakat kurang mampu dan belum punya kerja tetap.
2.      Memotivasi dan menumbuhkan kemauan belajar masyarakat dalam rangka terciptanya masyarakat gemar belajar.
3.      Melayani pendidikan non formal dan informal bagi masyarakat.
4.      Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat kurang mampu.
5.      Memotivasi dan menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta didik melalui kegiatan olah raga dan seni.
6.      Pengelolaan manajemen Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nururrahman.
7.      Study banding dalam rangka untuk mengembangkan wawasan tutor dan peserta didik.
8.      Memantau dan membina peserta didik dalam menjalankan usaha yang dikelolanya.

Data Pengurus Yayasan dan pengelola PKBM Nururrahman
NO
Nama
Jabatan
1
H.Z. Bahri Saleh, SH.HM
Pembina
2
Drs. Asep Yoga Hendaya
Pembina
3
Syahdimal, SE.MM
Ketua yayasan
4
Hendriyanto, SP
Sekretaris yayasan
5
Khaidir, SH
Bendahara yayasan
6
A.    Munir
Ketua PKBM
7
Yudi Purwadi
Sekertaris PKBM
8
Ny. Azmida
Bendahara PKBM
9
Azizah, SE. Msi
Tutor
10
Murdi Astuti, S.Pd
Tutor
11
Ade Mahdalia. S.Pt
Tutor
12
Fitriana, S.Pd
Tutor
13
Dini Medianty, ST
Tutor
14
Fitriza, S.Pd
Tutor
15
Linda warti
Tutor
16
Syapry, S.Pd
Tutor
17
Afib, Amd. Kom
Tehnisi Komputer


STRUKTUR ORGANISASI PKBM NURURRAHMAN

KETUA
                                       
KOORDINATOR KURSUS/KBU
TUTOR
TUTOR
KOORDINATOR KESETARAAN
KOORDINATOR
KF/PAUD
TUTOR
SEKRETARIS
BENDAHARA
 















KETENAGAAN
No
Nama
Jumlah
1
Urusan agendaris/arsiparis
1 orang
2
Urusan Keuangan
1 orang
3
Urusan Fungsional
1 orang



SARANA
1.      Komputer
2.      Jaringan internet
3.      Kamera digital

Fasilitas
1.      Ruang pertemuan
2.      Ruang perpustakaan
3.      Ruangan Sekretariat
4.      Ruang bermain anak PAUD
5.      Tempat ibadah (masjid)
6.      Toilet

2.1.4        Masalah dan Hambatan

2.1.5        Solusi


2.1.6        Manfaat

2.1.7        Kesan-Kesan


2.2    Praktek Mengajar
2.2.1        Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PPL) adalah di
Nama sekolah       : SMP Adhyaksa 1 jambi
Alamat Sekolah    : Jl. Jenderal Urip Sumoharjo Tenalai Pura
                               Kelurahan   : Solok Sipin
                               Kecamatan  : Telanai Pura
                               Provinsi         : Jambi

2.2.2   Waktu dan Jadwal Praktek Kerja Lapangan
Waktu dan Jadwal Praktek Kerja Lapangan adalah dari tanggal 20 September 2010 sampai dengan tanggal 20 Desember 2010.

2.2.3   Dekripsi Singkat Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
SMP Adhyaksa 1 Jambi merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di kota Jambi, sekolah ini dibuka pada tanggal 15 Februari 1990, berdasarkan keputusan Kepala Kanwil Depdikbud/Depag No. 290/I/JO/1990. SMP Adhyaksa 1 Jambi terletak di jalan Urip Simoharjo No. 33 Kelurahan/Desa Sungai Putri , Kecamatan Telanai Pura dengan bentuk bangunan sekolah biasa konvensional. Sejak pertama kali SMP Adhyaksa 1 jambi didirikan sampai sekarang hanya 2 periode pergantian kepala sekolah yang telah dilakukan Kepala Sekolah yang pertama di SMP ADHYAKSA JAMBI bernama..........................dengan guru yang berjumlah 30 orang terdiri dari 13 orang guru laki – laki dan 17 orang guru perempuan, dan telah mampu menampung siswa – siswa sebanyak 200 orang, dibagi menjadi 7 lokal. Kepala Sekolah yang kedua SMP ADHYAKSA JAMBI bernama...................  ......  dengan guru berjumlah 33 orang, terdiri dari 16 orang guru laki – laki dan 17 orang guru perempuan dan telah mampu menampung siswa – siswi sebanyak 508 orang, dibagi menjadi 13 lokal.
Kegiatan belajar mengajar di SMP ADHYAKSA JAMBI dilaksanakan dari pukul 13.00 sampai pukul 17.30 WIB, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti belajar tambahan dan pramuka dilaksanak pada hari sabtu sore.

A.       Keadaan Sekolah
Proses pembelajaran belum bisa dikatakan berjalan dengan baik, bila tidak didukung oleh sejumlah seperangkat/sarana yang memadai dan dapat dimanfaatkan, dipakai dalam proses pembelajaran, misalnya gedung sekolah. Bila sarana tersebut sudah layak atau mencukupi untuk dipakai, maka proses pembelajaran baru bisa dikatakan terlaksana.
Sebagai contoh, keadaan sekolah SMP Adhyaksa 1 jambi, bila dilihat dari segi geografis dan konstruksinya, maka sudah cukup baik untuk dipakai dalam menunjang proses belajar mengajar. Dan bila ditinjau dari segi lokasi maka SMP Adhyaksa 1 Jambi memang strategis, sebab posisinya menghadap ke jalan raya dan dilalui oleh kendaraan angkutan kota. Disamping itu juga dekat dengan pusat perbelanjaan sehingga mampu mengatasi segala kebutuhan.
Disamping itu, bila dilihat dari kontruksinya, SMP Adhyaksa 1 Jambi berlantai dua, hal ini juga sangat baik untuk pembelajaran, dimana tempat anak-anak belajar berada dilantai dua, sehingga kemungkinan besar suasananya nyaman dari polusi udara dan sedikit banyak terhindar dari kebisingan. Disisi lain udaranya juga segar dan tidak begitu panas, sehingga anak-anak betah belajar dalam kelas. Semua hal tersebut diatas sangat baik sekali untuk mendukung proses pembelajaran di SMP Adhyaksa 1 Jambi.

B.        Keadaan Siswa
Siswa merupakan salah satu faktor pendidikan, oleh karena itu proses pembelajaran tidak akan efektik tanpa adanya siswa. Di SMP Adhyaksa 1 Jambi keadaaan siswa cukup baik dari segi kuantitas. Hal ini dapat ditunjukkan dalam tabel berikut ini :
Tabel Jumlah siswa SMP Adhyaksa 1 Jambi Tahun 2010-2011
No
Kelas
Lokal
Jumlah Siswa
A
B
C
D
E

1

2

3

VII

VIII

IX






Jumlah

Secara kualitas, keadaan siswa juga cukup. Dimana keinginan dan keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa anak didik sekarang lebih kreatif dan mempunyai meotivasi tinggi dalam belajar.



C.     Keadaan Guru
Guru/pendidik juga merupakan slah satu faktor pendidikan. Dengan demikian posisi guru dalam hal ini sangatlah penting, sebab guru merupakan pintu gerbang utama dalam mendidik anak-anak sekolah. Guru mempunyai tugas dan peran yang cukup berat, dimana guru disamping mengajar juga mendidik. Guru yang profesional yaitu guru yang mampu memadukan dan menyeimbangkan tugas dan peran dalam mendidik dan mengajar, keduanya dapat dilaksanakan dengan baik serta sejalan dan searah sesuai dengan sasaran yang ingin dituju.
Pada saat ini guru SMP Adhyaksa 1 Jambi berjumlah 30 orang. Dengan jumlah kelas 15 lokal. Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara secara efektif dan efisien. Tugas dan tanggung jawab guru meliputi :
1.         Membuat perangkat pengajaran
-                      SKBM
-                      Silabus
-                      Program tahunan/semester
-                      Program rencana pengajaran
-                      Program mingguan
2.         Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.         Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum dan ujian akhir.
4.         Melaksanakan analisis hasil ulangan harian.
5.         Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6.         Membuat daftar nilai siswa
7.         Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses belajar mengajar.
8.         Membuat alat pengajaran/alat peraga.
9.         Menumbuhkembangkan sifat karya seni.
10.     Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum.
11.     Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.
12.     Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
13.     Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar.
14.     Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pengajaran.
15.     Mengatur kebersihan ruangan kelas dan ruangan praktikum.

D.       Tujuan
Mengacu pada kurikulum SMP Adhyaksa 1 Jambi Tahun 2010, tujuan SMP Adhyaksa 1 Jambi adalah sebagai berikut :
1.         Membentuk peserta didik yang berkepribadian kuat, berbudaya dan berakhlak mulia.
2.         Mempersiapkan peserta didik agar mampu bersaing dan mampu melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
3.         Memberikan dasar-dasar keterampilan untuk berwira usaha (hidup mandiri sehingga mampu menghadapi kehidupan global yang semakin kompetitif).
4.         Meningkatkan kecerdasan sumebr daya manusia yang kompetitif..
5.         Meningkatkan kecerdasan emosional, spritual dan intelegen peserta didik secara seimbang.

E.        Visi dan Misi SMP Adhyaksa 1 Jambi
Visi : membentuk siswa yang cerdas kreatif, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia.
Misi :
1.              Unggul dalam memperoleh prestasi akademi
2.              Pengembanganpotensi diri yang optimal
3.              Mempunyai akhlak yang mulian dan terpuji
4.              Mempunyai pondasi pengerahuan yang terarah
5.              Inovasi sistem pengembangan mutu pendidikan.

F.         Sarana dan Prasarana
Dalam upaya meningktakan mutu pembelajaran dan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan, maka harus tersedia faktor-faktor yang menunjang proses pembelajaran itu sendiri. Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mempermudah dan memperlancar proses pembelajaran demi  tercapainya tujuan pembelajaran.
a.          Sarana
Sarana merupakan tempat berlangsungnya proses pembelajaran, sarana dapat membantu proses pembelajaran agar berjalan dengan baik dan dapat memberikan motovasi kepada siswa untuk belajar dengan baik.
Adapun sarana yang dapat menunjang berlangsungnya proses pembelajaran di SMP adhyaksa 1 Jambi dapat dilihat ada tabel berikut ;
No
Uraian
Jumlah
Ket
1
Ruang Kepala Sekolah
1 Ruangan
Baik
2
Ruang TU
1 Ruangan
Baik
3
Ruang Guru
1 Ruangan
Baik
4
Ruang  Kelas
15 Ruangan
Baik
5
Ruang Perpustakaan
1 Ruangan
Baik
6
Ruang BK/BP
1 Ruangan
Baik
7
Mushollah
1 Ruangan
Baik
8
Kamar Mandi /WC Guru
2 Ruangan
Baik
9
Kamar Mandi / WC Murid
3 Ruangan
Baik
10
Dapur
1 Ruangan
Baik
11
Pos Penjaga Sekolah
1 Ruangan
Baik
12
Ruang Praktek Komputer
1 Ruangan
Baik
13
Ruang Laborotarium
1 Ruangan
Baik
14
Ruang Tamu
1 Ruangan
Baik

b.      Prasarana
Prasarana pendidikan merupakan fasilitas yang membantu dan menunjang proses pembelajaran. SMP Adhyaksa 1 Jambi prasarana yang dibutuhkan sudah memadai terutama prasarana olah raga antara lain
No
Uraian
Jumlah
Ket
1
Lapangan Bola Kaki
1 Lapangan
Baik
2
Lapangan Basket
1 Lapangan
Baik
3
Lapangan Bulu Tangkis
1 Lapangan
Baik
4
Lapangan Lompat Jauh
1 Lapangan
Baik



G.    Keadaan Proses Belajar Mengajar
Proses belajar mengajar merupakan suatu peristiwa yang penting daalaam pendidikan, dimana pada waktu itu terjadi serah terima/transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman yang timbal balik antara pendidik/pengajar dan siswa/peserta didik. Dimana dalam peristiwa tersebut terjadi sustu interaksi yang sangat erat dan berkesan dan keduanya saling membutuhkan saling mengisi yang satu dengan yang lainnya.
Di SMP Adhyaksa 1 Jambi, proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tertib, aman dan lancar. Hal ini didukung oleh guru yang terampil dalam bidangnya masing-masing, sehingga proses PMB berjalan sesuai rencana yang telah disepakati bersama. Belajar mengajar di SMP Adhyaksa 1 Jambi yang saya jumpai adalah PBM yang sifatnya Kurikuler dan ekstrakurikuler berjalan dengan baik.

H.           Tata Tertib Siswa SMP Adhyaksa 1 Jambi
Setiap siswa harus melaksanakan tata tertib sekolah dengan kesadaran tinggi serta penuh keikhlasan
1.             Siswa harus hadir di sekolah paling lambat 15 menit sebelum lonceng berbunyi.
2.             Siswa harus mempunyai buku dan alat belajar lengkap
3.             Sebelum pelajaran pertama dimulai, siswa terlebih dahulu berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing dan memberi hormat kepada guru demikian juga pada jam pelajaran terakhir.
4.             Siswa tidak boleh meninggalkan kelas tanpa seizin guru mata pelajaran/guru piket.
5.             Setiap siswa harus memelihara kebersihan, kerapian dan keindahan.
6.             Siswa harus mematuhi peraturan tata tertib perpustakaan dan pratek laborotarium.
7.             Setiap siswa harus memakai seragam sekolah lengkap dengan lambang sekolah.
8.             Siswa harus memakai kemeja lengan pendek di masukkan kedalam celana/rok dan memakai ikat pinggang warna hitam.
9.           Siswa harus bersepatu kain warna hitam polos dan memakai kaos kaki berwarna putih.
10.       Siswa laki-laki tidak boleh berambut panjang, memakai anting-anting, kalung dan gelang.
11.       Siswa tidak boleh berkuku panjang, memakai make up secara berlebihan dan memakai perhiasan.
12.       Siswa dilarang membawa senjata tajam atau alat-alat lainnnya yang membahayakan dalam ketertiban belajar.
13.       Siswa dilarang membawa obat-obat terlarang, minuman keras dan merokok di lingkungan sekolah.
14.     Siswa dilarang menerima tamu tabpa sepengetahuan guru piket atau kepala sekolah.
15.     Siswa dilarang mengajak, membawa, mempengaruhi orang lain yang mengakibatkan perkelahian perorangan atau kelompok.
16.     Siswa dilarang membawa HP kamera, apabila melanggar akan dikenakan sanksi.
Sanksi-sanksi bagi yang melanggar :
1.      Peringatan lisan
2.      Peringatan tulisan/panggilan konsultatif orang tua
3.      Dikembalikan kepada orang tua/wali.

2.2.4        Masalah dan Hambatan
2.2.5        Solusi
2.2.6        Manfaat
2.2.7        Kesan-Kesan

2.3    Praktek Bimbingan dan Konseling
2.3.1        Tempat Pelaksanaan Pendidikan
2.3.2        Waktu dan Jadwal Pendidikan
2.3.3        Dekripsi Singkat Tempat Pelaksanaan Pendidikan
Kegiatan Bimbingan Konseling adalah mempelajari bagaimana cara guru mengatasi siswa-siswi yang bermasalah serta masalah yang terjadi dalam lingkungan sekolah
Bimbingan konseling merupakan bantuan seorang guru terhadap peserta didik agar peserta didik mampu menyesuaikan diri, menentukan pilihan–pilihan dalam pengembangan potensi serta mampu memecahkan masalah yang dihadapi.
Secara umum tujuan PKL pada kegiatan bimbingan konseling adalah untuk membina, mengembangkan, meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan nilai sikap mahasiswa dalam memberikan layanan terhadap peserta didik di sekolah.
Kegiatan PKL pada BK yang dilaksanakan yaitu :
1.      Menyusun program pelayanan Bimbingan Konseling yang mencakup:
a.       Bidang layanan
-          Bidang Bimbingan Pribadi
-          Bidang Bimbingan Sosial
-          Bidang Bimbingan belajar
-          Bidang Bimbingan Karir
b.      Kegiatan Pendukung
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          Layanan penempatan dan penyaluran
-          Layanan Penguasaan Konten
-          Layanan Konseling
-          Layanan Konseling individu
-          Layanan Mediasi
-          Layanan Konsultasi
2.3.4        Masalah dan Hambatan

2.3.5        Solusi


2.3.6        Manfaat

2.3.7        Kesan-Kesan


2.4    Praktek Perpustakaan
2.4.1        Tempat Pelaksanaan Pendidikan
2.4.2        Waktu dan Jadwal Pendidikan
2.4.3        Dekripsi Singkat Tempat Pelaksanaan Pendidikan
Kegiatan pada perpustakaan merupakan kegiatan mempelajari sistem dan tehnis pengelolaan buku di sekolah. Seperti prosedur peminjaman dan pengembalian buku serta mempelajari hal-hal yang terkaait katalog perpustakaan.
Tata laksana perpustakaan meliputi kegiatan kerja penyajian buku perpustakaan yaitu mempersiapkan buku-buku sebelum dipinjam meliputi :
1.      Menyesuaikan buku dengan daftar buku.
2.      Membubuhi cap sekolah pada buku, hal ini dilakukan sebagai tanda pengenal buku.
3.      Mendaftarkan buku-buku dalam buku induk yang mencakup :
-          Lajur tanggal
-          Nomor urut
-          Pengarang
-          Nama buku
-          Nama penerbit
-          Tahun
-          Harga
-          Sumber
-          Jumlah halaman
-          Keterangan lain tentang buku.
4.      Pembuatan kantong buku dan kartu pinjaman.
Adapun tata tertib perpustakaan SMP Adhyaksa 1 jambi
1.      Pengunjung perpustakaan SMP Adhyaksa 1 jambi wajib melakukan prosedur berkunjung sebagai berikut :
a.       Mengisi buku tamu yang telah disediakan
b.      Menyimpan tas/buku/barang lainnya pada rak penitipan yang telah disediakan.
c.       Berpakaian rapi (baju dimasukan)
d.      Tidak membawa makanan ke dalam ruangan
e.       Tidak memakai sandal
2.      Pengguna jasa perpustakaan wajib mengikuti atauran sebagai betikut ;
a.       Peminjaman koleksi perpustakaan wajib menggunakan kartu anggota.
b.      Buku paket yang tidak berlabel, masa peminjamannya dapat sampai satu tahun, dan maksimal 5 buku.
c.       Buku no-paket, paket yang berlabel masa peminjamannya maksimal 3 hari dan hanya diperbolehkan meminjam 1 judul.
d.      Khusus buku fiksi atau novel serta materi lainnya, masa peminjamannya maksimun 3 hari dan hanya diperbolehkan satu judul.
e.       Kererlambatan dalam pengembalian dikenakan denda pembinaan Rp 200/hari (Dua Ratus Rupiah/hari).
f.       Menghilangkan atau merusak buku/barang milik perpustakaan, dikenakan denda perpustakaan dengan menggantikan sesuai dengan kerugian perpustakaan.
g.      Buku-buku referensi atau buku sumber tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang oleh peminjam, buku-buku tersebut hanya bisa dibaca di ruang perpustakaan.
2.4.4        Masalah dan Hambatan
2.4.5        Solusi
2.4.6        Manfaat
2.4.7        Kesan-Kesan
2.5    Praktek Administrasi Sekolah
2.5.1        Tempat Pelaksanaan Pendidikan
2.5.2        Waktu dan Jadwal Pendidikan
2.5.3        Dekripsi Singkat Tempat Pelaksanaan Pendidikan
a.       Administrasi kelas
Pada bagian administrasi kelas mahasiswa PKL di tuntut untuk mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan admistrasi kegiatan pembelajaran dan pengaturan kelas, seperti tugas wali kelas dan tugas guru mata pelajaran. Untuk dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan terkendali sesuai dengan rancangan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah pada awal tahun pembelajaran. Supaya tercapai pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.
b.      Administrasi Sekolah
Program administrasi sekolah merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa berupa kegiatan kerja sama yang dilakukan pada lembaga ketatausahaan SMP Adhyaksa 1 jambi untuk mencapai tujuan pendidikan sekolah.
Adapun jenis surat yang merupakan data kearsipan SMP Adhyaksa 1 jambi adalah :
1.      Surat Dinas
2.      Nota Dinas
3.      Memo, yang terdiri dari
-          Surat pengantar
-          Surat kawat
-          Surat keputusan
-          Surat edaran
-          Surat undangan
-          Surat tugas
-          dll

2.5.4        Masalah dan Hambatan
2.5.5        Solusi
2.5.6        Manfaat
2.5.7        Kesan-Kesan

III.        PENUTUP
3.1    Kesimpulan
3.2    Saran-Saran










STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH ADHYAKSA 1 JAMBI
PEMBINA
KEPALA SMA
PENGURUS SEKOLAH
YAYASAN TRIDAYA
KEPALA SD
KEPALA SMP
KEPALA TK
 























STRUKTUR ORGANISASI SMP ADHYAKSA 1 JAMBI
TAHUN AJARAN 2010-2011

KEPALA SEKOLAH
Dra. Asmiyati, M.Pd

Kepegawaian
Eva Susanti

Perpustakaan
Sugianto

Kepala TU
Germansyah

KOMITE SEKOLAH

Kesiswaan
Mega Wati. R

Wakil Kesiswaan
Eli Wasi

Pembina Pramuka

Pembina Osis
Nana, S.Pd

Wakil Urusan Kurikilum
Rohamin, S.Pd

Wali KelasVII B
Sanariyem, S.Pd

Wali Kelas VII A
R. Harianja, S.Pd

Wali Kelas VII C
Nurdin, S.Ag

Wali Kelas VII D
Guhelmi

Wali Kelas VII E
Siti Ammbarwati

Wali Kelas VIII D
Dra. Rukmini

Wali Kelas IX A
Suhawati

Wali Kelas VIII E
Edi BD, Sp.Si

Wali Kelas VIII A
Neni Mulyani

Wali Kelas VIII B
Hj. Ernida, S.Pd

Wali Kelas VIII C
Teti Ritonga, S.Pd

Wali Kelas IX B
Rusduansyah, S.Pd

Wali Kelas IX D
Tiana, S.Pd

Wali Kelas IX C
Latifa Hanum, S.Pd

Wali Kelas IX E
H. Simalonga, S.Pd

S I S W A

Guru BK

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Laporan Observasi Toko

LAPORAN OBSERVASI TOKO ALFAMART PETALING JAYA, SUNGAI GELAM, MUARO JAMBI ...