B-1
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
KELAS: I
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama,
suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujud an moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman
karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di
rumah dan sekolah
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dan sekolah
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila
4.2
Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah
4.4
Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah
dan sekolah
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan
masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1
Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
3.2
Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan di sekolah
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan
masyarakat
3.4
Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan
masyarakat
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah
4.3
Berinteraksi dengan
beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.4
Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah,
sekolah dan masyarakat
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
|
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung
jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf
sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan
menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.4 Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud
keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam
memahami Pancasila secara utuh
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan masyarakat
3.3
Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan
masyarakat
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari
sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3
Bekerjasama dengan
teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4
Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat sekitar
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani
mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan
kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban
sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum
sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar
musyawarah mufakat
2.4
Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah,
sekolah, dan masyarakat
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan di sekolah
3.2 Memahami hak kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.3 Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan
ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di
rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan
masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan
sekolah
4.3
Membantu masyarakat
dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan
masyarakat
4.5
Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di
masyarakat
4.6
Menyajikan dinamika
saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan
nasional
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela
berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata
tertib, dan aturan sesuai dengan tata
urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses
pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa
Indonesia
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Memahami moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah,
sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak, kewajiban dan
tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah,
dan masyarakat sekitar
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya
dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan
bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun
kehidupan kebangsaan
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan
moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan
menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan
keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam
melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah,
sekolah, dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari
4.6 Menyajikan realita keberagaman untk mendorong
saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar